TAHUN MENARIK UNTUK SKUTER MATIK

Posted: Maret 4, 2009 in bisnis

yamaha-bali3

===========================
DAHULU kita hanya mengenal skuter melalui sedikit produknya di pasar otomotif nasional. Kini jika berbicara skuter, banyak orang berpikir tentang Mio. Bisa dibilang motor bertransmisi otomatis pabrikan berlambang garputala merupakan bintangnya motor matik di Indonesia.
Dominasi Mio tak terbendung walaupun sudah banyak pemain terjun ke kategori ini. Bagaimana tidak sejak peluncurannya hingga saat ini, penjualan Mio mampu mendongkrak <i>share<p> penjualan Yamaha. Namun apakah dominasi Yamaha melalui Mio akan bisa bertahan tahun ini?
Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) memprediksi pada 2009 ini pangsa pasar segmen skuter matik akan meningkat menjadi 30% dari tahun sebelumnya yang meraih 25% pangsa motor nasional. Melihat prediksi itu, tentu saja hal itu akan merangsang pabrikan terus menghadirkan produk-produk andalan mereka.
Berdasarkan beberapa pernyataan tiga prinsipal asal Jepang menyiratkan mereka akan menghadirkan skutik terbaru di tahun ini. Dan dengan hadirnya ketiga skutik tersebut, persaingan di kelas ini tentunya akan semakin sengit, mengingat ketiga ATPM juga telah bertarung seru di tahun lalu.
Bagi Yamaha, produk dari skutiknya Mio itu memang membawa berkah. Produk ini laku keras sejak diluncurkan lima tahun lalu.  Wakil Presiden Direktur PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Dyonisius Beti, mengatakan, penjualan skutik bisa naik hingga 50% dibandingkan tahun 2008. Peningkatan permintaan skutik ini akan mendorong pertumbuhan kendaraan roda dua tahun depan.
Kenyataan itu membuat Yamaha tentu masih akan mempertahankan raihan pasar melalui produk andalannya Mio. Kini tersiar kabar di dunia maya menyebutkan versi terbaru Mio sudah muncul, setelah sebelumnya Yamaha Motor Thailand meluncurkan generasi terbaru Mio dengan nama Mio ZR pada akhir tahun lalu.
Sementara General Manager Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Sigit Kumala memprediksi pasar skutik di Indonesia bisa berkembang mencapai 35%. “Saya rasa skutik akan terus meningkat dalam beberapa tahun mendatang, tapi tergantung juga permintaan konsumen,” ujarnya.
Honda sebagai market leader penjualan sepeda motor di Indonesia juga terserang isu datangnya skutik baru yakni Air Blade. Sama halnya dengan isu Yamaha Mio ZR, Honda Air Blade telah lebih dahulu beredar di negeri gajah putih.
Sementara 2W marketing manager PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Eddy Darmawan mengungkapkan keseriusan Suzuki mengarap segmen skutik adalah dengan meluncurkan produk terbaru skutik tahun ini. Model skutik baru Suzuki sudah dapat dipastikan adalah Sky Drive. Sky Drive sebenarnya sudah dipajang di perhelatan Jakarta Motorcycle Show pada Desember 2008 lalu. Skutik Suzuki itu akan diposisikan sebagai penengah antara Suzuki Spin dan Skywave.
“Dipastikan Suzuki akan meluncurkan produk terbaru tahun ini, salah satunya adalah untuk kategori skutik. Mengenai waktu peluncurannya nanti kita beritahukan kembali,” katanya.
Krisis keuangan global memang menurunkan angka prediksi penjualan motor nasional. Namun, krisis tersebut ternyata tidak menurunkan optimisme dan semangat para pelaku industri otomotif, khususnya roda dua. Buktinya, di tengah ancaman turunnya angka penjualan, para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) bersemangat melalui badai krisis dengan produk-produk andalannya.
======================================
GRAFIS PENJUALAN SKUTIK 2008
Yamaha: 54%
Suzuki: 13%
Honda: 33%
======================================
Januari 2009
Yamaha: 80.146 unit
Suzuki: 6.712 unit
Honda: 53.548   unit

Komentar
  1. m.irwan mengatakan:

    oke bgt gue mau klu d ksih.

  2. rizqi mengatakan:

    ok…………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! ja dech.

  3. dimas mengatakan:

    kuarang jelas lagi

  4. burhan mengatakan:

    sejak lama saya senang dengan produk suzuki dengan alasan 1.tangguh di kendarahi 2.skock breker muka n belakang empuk tiada duanya 3.suku cadang pasti orijinal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s