Pembuktian Motor Kawasaki Unggul Di Ajang Balap

Posted: April 7, 2009 in Kawasaki

DI tengah kisruhnya tim hijau Kawasaki dalam menyambut musim balap MotoGP 2009 akibat krisis global. PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) selaku agen tunggal pemegang merek motor Kawasaki di Indonesia justru menggelar ajang balap One Make Race (OMR) kategori motor sport standar Ninja 150 cc dan Ninja 250 cc.

kawasakiLalu apa alasan KMI  Freddyanto Basuki, Marketing & Research development departemen marketing division KMI pun menjawab. “Kita tidak mau tertinggal, semua pabrikan menggelar OMR, begitupun Kawasaki, melalui ajang balap ini diharapkan dapat menjadi refrensi pemakai Kawasaki.”
 Walaupun hanya sebagai supporting race pada perhelatan perdana Indonesia Grand Prix (Indoprix) yang berlangsung Sabtu-Minggu, (14-15/3) di Sirkuit International Sentul, Jawa Barat. Namun, minat peserta yang mengkuti ajang tersebut cukup antusias. Tercatat 19 peserta mengikuti kelas Kawasaki Ninja 150cc dan di kelas Kawasaki Ninja 250 cc diikuti 23 pembalap.
 “Antusias masyarakat cukup tinggi, pesertanya sampai membludak, oleh karena itu jumlah peserta saat ini kami batasi hanya kurang lebih 30 peserta saja,” terang Freddyanto.
 Hal itu juga dilandasi dengan fakta bahwa Ninja 250R sebagai generasi Ninja 4-tak 250 cc pertama yang diproduksi Kawasaki ini memang sangat diminati masyarakat. Sebelumnya Ninja 2-tak 150 cc telah mendominasi angka penjualan Kawasaki secara keseluruhan.

kawasaki2
 Dengan Super Sport Styling Bodywork, Ninja 250R juga menunjukkan image sport yang kental sekali dan di tengah performanya sebagai motor gede (moge).
 Menurut Freddyanto rencananya gelaran OMR ini akan diadakan ditiap ajang Indoprix, tapi melihat kondisi sirkuit Kenjeran, dan Binuang yang dinilai belum cukup memadai, ajang ini baru bisa dilakukan di sirkuit Sentul saja.
 Penilaian Kawasaki cukup beralasan karena OMR ini khusus untuk jenis sepeda motor sport. Hal ini agak berbeda dengan OMR yang digelar merek lain yang justru memperlombakan sepeda motor bebek. 
 Untuk sistem penilaian, pria ramah ini yang datang ke Sentul dengan ditemani Mitsuhiko Okada, division manager marketing KMI itu, balap OMR Kawasaki dibagi 2 kelas. Lomba yang digelar hanya dibuka kelas non seeded, tapi pembalap pengalaman (seeded) diizinkan, tapi poinnya tidak dihitung.
 “OMR Kawasaki ini kami adakan sebagai wadah untuk komunitas, melalui balap ini kami dapat mengetahu performance kawasaki yang bisa dijadikan sebagai refrensi pengguna motor kawasaki,” kata Freddy.

*Kejutan Kawasaki Di Indoprix*
Sementara kejutan terjadi di seri perdana Indoprix 2009. Pembalap Ardhi Satya dari tim Kawasaki yang notabene pendatang baru pada ajang ini, berhasil menduduki podium 3 di kelas IP 110 cc. Bersama tim Kawasaki Elf IRC NHK Rextor Manual Tech, Ardhi mampu membuktikan diri meski baru pertama kali tampil di ajang balapan tersebut.
 “Saya bersyukur atas dukungan penuh tim, tapi semua prestasi ini tak lepas dari hasil kerja keras saya mengenal dengan baik lintasan Sentul,” ujarnya.
 Pembalap Kawasaki lainnya, Hadi Wijaya yang mengeber Kawasaki Athlete di kelas IP2 (125cc) finis kedua dengan catatan waktu terbaik 24 menit 03.201 detik. Kawasaki yang diperkuat tim Manual Tech dibawah asuhan mekanik kawakan Ibnu Sambodo ini turun dengan formasi tim lamanya. Tahun lalu Manual Tech dan dua pembalap ini bernaung di bawah bendera Suzuki, dan baru tahun ini mereka turun bersama Kawasaki.
 Diakui sang pembalapnya, Hadi Wijaya kedua motor Kawasaki yaitu, Athlete dan Blitz memiliki karakter yang berbeda. “Jika Athlete perlu penyesuaian di sirkuit yang sempit. Tapi Blitz justru lincah di sirkuit yang sempit, karena motornya yang lebih lincah,” jelasnya.
Light-sport bebek yang diberi merk Athlete ini mengandalkan suspensi berkelengkapan tabung udara besar di depan dan monoshock horizontal bottomlink unitrak system untuk suspensi belakang yang memiliki daya redam tinggi. Desain sport mutakhir terlihat jelas pada bodi motor underbone ini.
 Masalah adaptasi dengan tungangan anyar, diakuinya tidak menjadi masalah. “Setelah beberapa bulan menjajal motor Kawasaki ini, saya sudah mulai terbiasa dan siap memberikan hasil yang maksimal,” ujarnya lebih lanjut.

Komentar
  1. indra mengatakan:

    klo untuk mortor balap atlit ckup mapan………….klo bs sech gua mu dunk d kontrak

  2. YONAS noge mengatakan:

    Aku mau daftar jadi Jokix kawasaki untuk lokal sulawesi…kira2 bisa gak????/cuman basic aku motor sport…bls

    • torsimax mengatakan:

      Bro gw gak tau kalau urusan masuk tim kawasaki atau enggak. Biasanya elo bisa masuk kelas umum tp itu jika kawasaki one make race digelar lg

  3. YUDHO mengatakan:

    …..MAJU TRUZ IBNU,,,,,,,,/

    .,.,.,.,.,.,.
    .,.,.,.,.,.
    Q KAN MNDUKUNG MUE/./././/.,.,.,.,.,.,.
    ,,,
    .,.,.
    .,.,
    //////////

  4. ikky praditya pooetra nebho mengatakan:

    aku mau daftar jadi joki,y .. bisa gak..??

  5. ari mengatakan:

    kapan kawasaki bs menampilkan hadiwijaya ikut road race d kalbar……
    org kalbar byk yg ngu kdtngnnya…….
    sklian promo kawasaki……..
    sukses ya hadiwijaya jg lp dg kota singkwang,,…

  6. ari mengatakan:

    kapan kawasaki bs menampilkan hadiwijaya ikut road race d kalbar………?
    org kalbar byk yg ngu penampilan hadiwijaya…..
    skalian promo kawasaki……..
    sukes ya hadiwijaya…….

  7. chandra mengatakan:

    salam pakde…
    saya punya shogun 110 versi road race, tapi masi kurang tenaga nya…
    gimana ngatasi nya..??
    terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s