Naik-Turun Industri Sepeda Motor di 4 Bulan Pertama

Posted: Mei 14, 2009 in bisnis

HINGGA empat bulan pertama tahun ini, indikasi membaiknya industri otomotif roda dua masih belum tampak. Jika dibandingkan setahun silam, angka penjualan yang dikeluarkan Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) masih menunjukan tanda minus di tiap tabel  agen tunggal pemegang merek sepeda motor.
Rasa optimisme akan pulihnya kondisi industri otomotif roda dua, sempat muncul melihat menanjaknya grafik penjualan di kuartal pertama tahun ini. Tapi memasuki April total penjualan mengalami penurunan 11,5% dari bulan sebelumnya. Berdasarkan data AISI, jumlah penjualan sepeda motor secara nasional dari Januari hingga April telah mencapai 1.603.810 unit.

TRB-200904-001288Di balik data-data AISI itu, tiga pabrikan anggota AISI yakni Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki menunjukan denyut positif dalam merebut pangsa pasar. Perlahan tapi pasti ketiganya meningkatkan cakupan ceruk pasar sepeda motor nasional.
Seperti Yamaha di awal tahun berada diperingkat kedua perolehan pangsa pasar dengan 162.135 unit atau 44,1% dari total penjualan meningkat menjadi 189.082 (49%). Begitu pula Suzuki dari 22.359 unit (6,1%) meningkat 35.901 unit (9,6%), lalu Kawasaki 0,8% meningkat perlahan menjadi 1%.
“Awal tahun seperti biasanya tersendat, tapi semakin ke tengah tahun meningkat. Mudah-mudahan situasi ekonomi makro membaik hingga merembet ke sektor mikro juga,” ujar Edi Darmawan
2W marketing promotion & dealer development manager PT Suzuki Indomobil Motor (SIM)
Satu pabrikan yang terpuruk di akhir empat bulan pertama ini adalah Honda. Memulai dengan baik, Honda berhasil meraup 48,9% pangsa pasar atau mampu menjual 179.685 unit. Tapi terpuruk di April 2009, karena hanya mampu merebut 40,4% pangsa pasar.

*Pasar Skutik Semakin Menarik*
ANT-200905-000791
Dari paparan data penjualan AISI itu juga menguraikan gambaran  menarik tentang pasar skuter matik (skutik). Dibandingkan jenis sepeda motor seperti bebek (cubs) dan sport, pasar skutik menunjukan grafik yang meningkat.
Di awal tahun pasar skutik mencatatkan angka 140.406 unit atau meyumbangkan 38,2% ke total penjualan secara umum. Jumlah itu meningkat menjadi 148.627 unit (38,5%) di akhir April kemarin. Yamaha sebagai penguasa kelas skutik patut mencermati pangsa pasar andalannya itu secara perlahan mulai tergerus.
Dari penguasaan pasar sebesar 57,1%, penjualan skutik Yamaha turun perlahan jadi 49,4%. Nampaknya Mio yang dikeroyok dengan kehadiran produk baru di kelas skutik membuat pasarnya melemah. “Target utama Yamaha bukan memenangkan pangsa pasar. Implementasi kami yang utama adalah mencapai kepuasan konsumen dengan memproduksi produk yang berkualitas serta after sales service yang juga berkualitas,” kata General Manager Motorsport and Promotion YMKI, Bambang Asmara Budi.

Komentar
  1. tiarawidodo mengatakan:

    salam kenal

    ga ada grafik nya ya om?? TT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s