Salip Honda, April Jadi Milik Yamaha

Posted: Mei 14, 2009 in Yamaha

MOTORCYCLING-PRIX/SAAT dunia otomotif roda dua tengah lesu, tiba-tiba salah satu produsen sepeda motor membuat kejutan dengan mendatangkan mega bintang balap motor MotoGP, Valentino Rossi. Tidak berapa lama berselang, tayangan pariwara the Doctor menghiasi layar kaca.
Tidak hanya mendatangkan Rossi, beberapa program promosi produk untuk konsumen maupun calon konsumen pun digelar. Seperti itulah pihak agen tunggal pemegang merek Yamaha di Indonesia, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) kepada konsumennya.
YMKI memperlakukan konsumennya secara istimewa, karena merekalah penyumbang terbesar terhadap perebutan pangsa pasar bisnis sepeda motor. Laiknya buah emas dari pohon bisnis, kini YMKI tengah memetik hasilnya. Pada April kemarin Yamaha kembali berada di posisi pertama dalam hal penjualan sepeda motor nasional .
IMGP2979 Menurut General Manager Motorsport and Promotion YMKI, Bambang Asmara Budi, target utama Yamaha tidak memenangkan pangsa pasar. Melainkan mencoba memenangkan mind (pikiran) dan heart (hati) dari konsumen. “Apabila mampu memenangkan mind dan heart konsumen maka dengan sendirinya market share akan diperoleh,” katanya kepada Torsimax, Selasa (12/4).
Data penjualan yang dikeluarkan Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) menunjukkan, Yamaha mampu merebut 49% pangsa pasar atau mampu melepas 189.082 unit sepeda motor ke pasar. Angka keunggulan Yamaha itu lebih tinggi sekitar 9% dari pemimpin sebelumnya, Honda.
Produk Yamaha yang mendominasi dan mengkatrol total penjualan adalah, sepeda motor jenis bebek (cubs) dan skuter matik. Untuk jenis bebek produk Yamaha Vega ZR, Jupiter Z dan MX mampu mencatatkan angka penjualan sebesar 99.480 unit. Dan skutik mencatatkan 73.484 unit.

MOTO/

Komentar
  1. andzar/ledoy mengatakan:

    IYa….. dan tau kah bahwa penyumbang revenue terbesar yamaha itu INDONESIA…. nah makanya YMKI harusnya jadi ATPM pertama yang memindahkan kiblat riset motornya ke sini… dengan jadi atpm yang pertama tentu saja akan mendapatkan yang namanya MIND and Heart itu tadi… AYo yamaha dukung YMKI…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s