KLX 150 S, 75% Lokal Content

Posted: Mei 18, 2009 in Kawasaki

KONSUMEN sepeda motor di tanah air akhirnya memiliki pilihan tambahan setelah hadirnya Kawasaki KLX 250S, karena pada hari ini, Sabtu, 16 Mei, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) resmi meluncurkan model KLX 150S di Kawasan Parkir Timur, Gelora Bung Karno, Jakarta.
TRAIL TERBARU KAWASAKI
Pada acara peluncuran yang bertema ‘The Art of Adventure’ ini KMI juga memperkenalkan model D-Tracker X yang merupakan titisan dari KLX 250S yang disulap menjadi motor bergaya supermotard. Hadirnya kedua model ini merupakan untuk melengkapi jajaran sepeda motor dual purpose yang sebelumnya hanya diisi oleh KLX 250S.

Menurut Manajer Marketing, Riset dan Pengembangan KMI Freddyanto Basuki, KLX 150S adalah produk KLX 140 versi Amerika yang telah mengalami penyesuaian untuk mengikuti peraturan lalu lintas di Indonesia dengan menambahkan lampu depan, lampu belakang, kaca spion, dudukan plat nomor, spakbor dan asesori lainnya.

Berbeda dengan beberapa produk terdahulu, KLX 150S mengusung konsep Light Trail, Delight Your Ways. Kendaraan multi guna ini disasar untuk kaum remaja-dewasa muda (youngster) untuk penggunaan harian maupun aktifitas hobi sport, adventure maupun ekstrem off road.

Ia menambahkan bahwa sepeda motor berkapasitas mesin 144cc ini memiliki piston yang materialnya sama dengan motor besar seperti Ninja ZX6R yang ringan dan kuat. KMI berharap KLX 150S mampu diserap pasar di angka 1.500-1.800 unit per bulan didukung dengan harga jualnya yang kompetitif Rp21,7 juta.

“Kami bisa menjual dengan harga yang kompetitif berkat kandungan lokal yang mencapai 70-75% pada KLX 150S dengan memberdayakan vendor-vendor lokal,” ujar Freddy kepada MI.com. Rencananya KMI akan menjadi basis pembuatan model KLX 150S untuk pasar ekspor ke Filipina dan Malaysia.

Sementara untuk D-Tracker X, lanjutnya, akan dilepas Rp60 juta dengan target penjualan yang kecil antara 20-30 unit per bulan. “Pasalnya, produk CBU ini sudah masuk kelas remium,” tambahnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, KMI belum bisa membuat D-Tracker X masuk dalam jalur perakitan karena untuk keperluan tersebut, dibutuhkan pembangunan fasilitas baru yang biayanya sama dengan membuat fasilitas untuk motor 600cc ke atas. Padahal di kelas itu baru ada Kawasaki Ninja 250R, KLX 250S dan yang baru ini D-Tracker X yang pangsa pasarnya relatif kecil dibanding segmen motor sekelas bebek.

“D-Tracker X akan sampai ke tangan pemesannya sekitar bulan Juli,” ujarnya di sela acara peluncuran dua model motor dari KMI yang kini mengusung moto Kawasaki Bagian Hidupku. Sementara acara peluncuran di Parkir Timur itu sendiri dikemas dalam suasana akrab penuh kekeluargaan dengan digelar beberapa aktifitas menarik seperti lomba untuk anak-anak, kids area, hiburan dari Project P, Cokelat dan sebagainya hingga undian doorprize 2 unit sepeda motor Kawasaki.

Komentar
  1. ruben mengatakan:

    saya pengguna klx 150
    mesinnya halus juga tapi cc kurang masih seperti honda gl pro saja!!

    disamping itu kenalpotnya kurang kasar, mungkin bisa di modif untuk kenalpot raciongnya!!!

    hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s