BMW S1000 RR

Posted: Mei 27, 2009 in unik

2009-BMW-S1000RRbOLsm

MESKI BMW S1000RR belum mencatatkan prestasi besar di kejuaran dunia Superbike namun siapapun tak akan sanggup menyangkal kalau Beemer baru ini merupakan sosok monster di jalan raya. Bukan hanya tenaganya yang mencapai 193hp, BMW S1000RR dibekali dengan kombinasi fitur ABS yang lebih cerdas dan ringan dibanding Honda.

Variable intake tracts dan exhaust butterflies-nya lebih unggul dari sistem milik Yamaha dan MV Agusta. Sistem pemetaan mesin variabel 4-mode-nya pun lebih baik dibanding Suzuki. Belum lagi sistem pengendali traksi yang terintegrasi dengan manajemen mesin berteknologi fly-by-wire yang kerjanya lebih logis dari milik Ducati.

S1000RR dikemas dalam paket teknologi paling sophisticated yang pernah ada di dunia sepeda motor. Semua fitur yang dimilikinya terhubung dengan sistem untuk menunjang kemampuan manuvernya di segala kondisi. Contohnya saat hujan dan mode ‘rain’ aktif, sistem akan segera mereduksi tenaga hingga 150hp untuk memaksimalkan sistem traction control dan ABS.

Namun begitu di trek kering pada ‘slick’ mode, saat disentak, sistem akan ‘melepas’ tenaga mesin hingga batas akhir. Pada kondisi itu traction control-nya akan memberikan jeda lebih dari 5 detik untuk memberi kesempatan pengendara melakukan aksi wheelie sampai komputerĀ  membatasi tenaga mesin yang berlebihan agar tetap terkendali dengan baik.

Pada ‘slick’ mode, sistem rem ABS-nya akan mengatur tekanan rem belakang untuk memaksimalkan stabilitas pengereman, namun ketika pengendara menambahkan tekanan rem belakang, sistem ABS akan me-nonaktifkan peranannya agar roda belakang terkunci sehingga pengendara berpengalaman dapat mempertajam sudut belokan.

Jangan khawatir pengendara tak bisa melakukan aksi ‘burn out’ seperti Valentino Rossi saat merayakan kemenangan. Pasalnya sistem kontrol traksi dinamis dan ABS dapat dimatikan untuk memungkinkan aksi fogging lewat ban belakang yang terbakar.

Semua itu baru sebagian saja kelebihan yang dimiliki monster jalan raya Jerman ini, karena masih ada beberapa kelebihan lain dari segi material, desain dan beberapa unsur penting yang dimiliki BMW S1000RR yang tak dimiliki para pesaingnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s