KLX 150S Meluncur Sendiri di Kelas Sepi

Posted: Juni 17, 2009 in Kawasaki

“Jika yang lain jual nasi goreng, kenapa kita tidak jual nasi uduk saja.”

2007-Kawasaki-KLX250Sa

KALIMAT itu kerap terlontar dari Freddyanto Basuki, Service departement marketing division PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) usai peluncuran produk terbaru Kawasaki jenis dual purpose atau trail, yaitu KLX150S di Parkir Timur Senayan beberapa waktu lalu.

Nampaknya strategi KMI itu dilakukan setelah menyadari akan lemahnya Kawasaki menghadapi persaingan di kelas motor bebek, fokus menggarap pasar di kelas motor sport pun ditekuni. Sepeda motor yang  dipasarkan dengan harga Rp 21,7 juta (on the road, Jakarta) ini memang masih jarang dilirik oleh produsen lain di Indonesia.

Motor ini ditengarai bakal mulus melanggang di pasar, mengingat tidak ada pabrikan lain bermain di segmen ini, alias KLX 150S pemain tunggal. Boleh jadi KLX 150S akan mengikuti jejak sukses Ninja, yang meluncur tanpa pesaing.

Hal itu dlatari penjelasan Freddy yang mengungkapkan bahwa, pada awal Mei, PO (purchase order) untuk jenis motor tersebut sudah mencapai 1.800 unit, dan Juni mencapai 2.200 unit. “Khusus untuk KLX 150 kita memang produksi di dalam negeri, dengan kandungan komponen lokalnya yang cukup besar hingga 75%,” kata Freddy.

KLX 150S dibekali mesin 144cc 4 langkah SOHC dengan 2 katup. Tenaga maskimumnya adalah 8.60 kW pada 8.000 rpm, dan torsi maksimum 12Nm pada 6.500 rpm. Motor dengan 5 percepatan ini hanya butuh 1 liter bensin untuk menempuh jarak 36,79 km, dengan catatan dalam pemakaian normal sepeda motor pada umumnya.

Untuk emisi gas buang, KLX 150S telah memenuhi standar EURO 2 berkat teknologi KSAI (Kawasaki Secondary Air Injection System). KLX 150S mengaplikasi karburator Keihin NCV24 jenis vacuum dengan diameter venture 24mm. Sedangkan tipe sasisnya adalah baja perimeter dengan desain diamond.

Inovasi baru Kawasaki KLX 150 S yang juga memiliki konsep motor trail dual purpose memberikan sensasi dan seni tersendiri dalam menjelajah jalan. Desainnya sporty, dilengkapi fitur dan performa mesin yang handal serta kestabilan motor yang sudah teruji.

Selain itu Kawasaki KLX 150 S menggunakan mesin 150 cc, desain lampu sein yang informatif, headlamp yang tajam, bening dan jelas serta lampu belakang yang didesain ultra modern. Kelengkapan lain, KLX 150S didukung double disc brake, new unitrack single shock, muffler racing sport, warning light, lamp, dan tas multifungsi.

Spesifikasi Teknis KLX 150S
============================
Tipe Mesin        : 4 Langkah, SOHC 2 katup
Jumlah& Isi Silinder    : 1 Silinder & 144cc
Tipe Transmisi        : 5 Speed return
Tipe Rangka        : Perimeter, Box Section High Stainless Steel
Suspensi Depan        : 33mm Telescopic
Suspensi Belakang    : Uni Trak, Swing Arm Monoshock
Karburator        : KEIHIN NCV24
Sistem Rem Depan dan Belakang: Hidrolic, Single Disc
Ban Depan        : 70/100-19
Ban Belakang        : 90/100-16
Berat Kosong        : 108 kg

Komentar
  1. awan saeful anwar mengatakan:

    mantaf langkah tepat saat orang lain berpikir dan bertindak lambat……….bravo kawasaki

  2. awan saeful anwar mengatakan:

    mantap, heboh, langkah tepat yang diambil kawasaki saat orang lain berpikir lambat………bravo kawasaki

  3. andy mengatakan:

    ditunggu pemunculan klx 125,mudah-mudahan harganya bisa lebih murah ! supaya penggemar trail banyak yg bisa beli !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s