Daya Tarik PRJ Mampu Dongkrak Penjualan Motor

Posted: Juni 19, 2009 in bisnis, Suzuki, Yamaha

PEKAN RAYA JAKARTA

PAMERAN dan promosi produk-produk nasional “Jakarta Fair” atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2009 yang digelar di Kemayoran, Jakarta, mulai 11 Juni-12 Juli kembali dimanfaatkan berbagai industri untuk berpromosi, termasuk industri otomotif roda dua serta industri pendukung otomotif roda dua lainnya, seperti aksesoris dan suku cadang sepeda motor.
Empat pabrikan besar tentu saja hadir, Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki menampilkan produk-produk andalannya. Ditemani beberapa merek motor lain seperti Minerva, TVS, dan Bajaj. Tentunya keikutsertaan mereka kali ini juga memberikan penawaran menarik bagi pengunjung. Misalnya seperti penawaran harga spesial hingga pemberian hadiah istimewa untuk menarik jumlah pengunjung yang banyak.
Menurut Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Gunadi Sindhuwinata, mengatakan diselenggarakannya pameran seperti arena PRJ selain dijadikan ajang promosi bagi ATPM, tapi juga mampu meningkatkan penjualan sepeda motor.
“Pasar otor diperkirakan akan mulai menanjak signifikan pada semester kedua. Hal ini dipicu dengan diselenggarakannya berbagai pameran seperti arena Pekan Raya Jakarta ini,” katanya.
Seperti pada 2008 lalu, sektor otomotif masih tetap menjadi penyumbang utama nilai transaksi di arena PRJ tersebut. Berdasarkan data transaksi bisnis yang sudah dikalkulasi pihak penyelenggara, khususnya industri otomotif, selama sepuluh hari pelaksanaan PRJ transaksi sudah menembus angka Rp100 miliar lebih. Sementara di PRJ dua tahun sebelumnya (2007) transaksi bisnis yang terjadi  mencapai Rp400 miliar.
Total transaksi itu menunjukan ajang tahunan ini menjadi lahan subur bagi ATPM untuk menjual produk andalan mereka. Berbagai program dan tawaran menarik juga diberikan kepada pengunjung stan sepeda motor. Seperti nampak pada ATPM Suzuki, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Mengusung tema “Suzuki Vaganza”, SIS memberikan program menarik yang ditujukan untuk konsumennya.

PEKAN RAYA JAKARTA
Menurut Marketing Dept Head PT SIS Edi Darmawan, konsumen mendapat potongan harga sekitar Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta untuk setiap pembelian atau pemesanan unit motor Suzuki. Sementara pabrikan Yamaha mengerahkan 60 diler dan menyertakan 4 lembaga pembiayaan kendaraan bermotor untuk memberikan kemudahan konsumen memiliki sepeda motor Yamaha.
“Ajang PRJ memiliki daya tarik tersendiri. Selain konsumen ingin mengetahui motor terbaru, tawaran hadiah dan promosi menjadi perhatian konsumen untuk datang,” kata Defin Eko, Divisi Promosi Direct Distributor System (DDS) Yamaha Jakarta.
Melihat potensi itu pabrikan berlambang garpu tala ini menargetkan 4 ribu unit sepeda motor Yamaha akan mampu terjual. Dari penuturan Defin hingga hari kelima, sebanyak 600 unit sepeda motor Yamaha telah berhasil terjual.

PEKAN RAYA JAKARTA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s