Sang Macan dengan Cita Rasa Italia

Posted: November 7, 2009 in Honda

Honda Tiger 2006
DI ajang balap motor dunia, entah itu Moto-GP ataupun World Superbike, nama Ducati sudah tidak asing terdengar. Apalagi beberapa kali berhasil mencapai finis urutan terdepan mengungguli lawan-lawannya seperti Suzuki, Aprilia, Honda, dan Yamaha.

Jika dibandingkan dengan moge lainnya, motor asal ‘Negeri Piza’ ini tetap konsisten menawarkan nuansa balap di setiap produknya. Namun karena harga motor ini terhitung mahal, dengan banderol harga hingga ratusan juta rupiah, asa para biker untuk memiliki motor ini pun harus digantung tinggi.
Honda Tiger 2006 Apank (12)
Tak ada akar rotan pun jadi, tak bisa membeli modifikasi pun jadi. Hal itu juga yang dilakukan Ipank yang memiliki Honda Tiger lansiran 2006. Setelah melakukan proses pencarian konsep, pilihan mengubah motornya jadi motor jalanan beraroma balap Ducati 696 pun terlaksana.

Menurut pria yang tinggal di Kelapa Dua, Jakarta Timur, itu, motor asal Italia model tersebut sesuai dengan karakter pada dirinya yang banyak menghabiskan waktu di atas kendaraan roda dua. “Dari dulu memang suka banget motor Ducati, tapi aku enggak mampu beli,” jelas biker ini.

Demi melampiaskan hasratnya, Ipank pun mendatangi Topo Goedel Atmodjo spesialis modifikasi menggunakan pelat besi, untuk menggarap proyek modifikasi ini. Di tiap lini ubahan dilakukan Topo, mulai pemasangan tangki custom, aplikasi suspensi Suzuki GSX 750 dan ban lebar serta pipa tabular.

Tak ketinggalan, komponen depan hingga peranti aksesori pelengkap lainnya, termasuk sektor buritan yang dipasang knalpot double hadder yang dirancang khusus. Sektor warna, Ipank tidak mau macam-macam, bodi motor cukup diwarnai dengan cat putih plus stripping hitam yang membentang dari permukaan sepatbor depan, tangki, hingga bonnet buritan.

Agar lebih harmonis, bodi disesuaikan warna helm dan tidak ada ornamen atau aksen klasik yang melekat. Karena melakukan perombakan pada semua sektor, Apank mengaku mengucurkan dana hingga Rp30 juta dan memakan waktu hampir selama dua bulan.

Meskipun modifikasi belum total, Ipank cukup puas dengan hasilnya. Kini, rutinitasnya sebagai karyawan perusahaan finance di daerah Depok selalu ditemani Ducati 696 bermesin Tiger. Untuk selanjutnya, Ipank mengaku masih mengumpulkan uang demi menyesuaikan modifikasi pada tunggangan Ducati.

Spesifikasi Modifikasi
=======================
Honda Tiger 2006
Tangki : Custom by TC
Stang : Rental Fatbar
Shock Depan : Suzuki GSX 750
Shock Belakang : Suzuki GSX 750
Swing Arm : Suzuki GSX 750
Arm Monoshock : Suzuki GSZ 750
Rem Depan : Nissin
Rem Belakang : Nissin
Pelek Depan : GSX 750, ukuran 3,5′
Pelek belakang : GSX 750, ukuran 4,5′
Ban Depan : Dunlop, ukuran 120.70.17 B
an Belakang : Dunlop, ukuran 180.70.17
Head lamp : Variasi Thailand
Lampu belakang : Honda Supra X 125
Spion : Koso

Komentar
  1. Jakiran mengatakan:

    keren…………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s