Semangat Kando Buahkan Prestasi

Posted: Desember 18, 2009 in Yamaha

AJANG balapan Yamaha Asean Cup Race (YACR) ke-7 yang berlangsung di Sirkuit Karting Sentul, 27-29 November lalu berbuah prestasi manis. Pebalap-pebalap Indonesia yang turun di kelas pemula (novice) maupun expert berhasil merebut titel juara umum dari tangan Thailand.

Tim Yamaha Indonesia di kelas novice ada Anggi Permana, Asep Maulana, Yoga Adi Pratama, Ferdi Efendi, dan Novin Arisandi. Sementara itu, untuk kelas expert diwakili Hokky Krisdianto, Florianus Roy, Denny Triyugo, Sigit PD, serta Ermal Wijaya. Tim ini mampu mengungguli yang lain dengan meraih poin terbanyak dan berhak memperoleh trofi juara umum.

Selain dari Indonesia dan Thailand, balapan YACR tahun ini diikuti pula pembalap dari Malaysia dan Filipina. Mesin yang digunakan dalam kompetisi ini terdiri dari dua jenis. Model andalan Yamaha tipe T135 atau biasa dikenal dengan tipe Jupiter MX 135 dipakai untuk kelas expert, sedangkan mesin tipe T110 milik Jupiter Z untuk kelas pemula.

Presiden PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), Yoshiteru Takahashi menyebut gelaran balap YACR ini punya arti penting sebagai sarana pembinaan pebalap, selain menjadi alat promosi Yamaha sebagai merek yang mengusung citra sporty. Menurutnya, melalui ajang balap motor ini, bakat-bakat pebalap muda dan mekanik dari negara-negara di kawasan ASEAN terfasilitasi untuk dapat berkompetisi dan menunjukkan bakatnya demi cita-cita yang lebih tinggi di tingkat internasional.

“Ajang ini adalah pintu gerbang menuju level kejuaraan internasional. Buktinya, Doni Tata berhasil menembus level itu dan saat ini berlaga di World Super Sport. Tahun ini, Yamaha juga berhasil bersinar di beberapa kejuaraan seperti MotoGP, World Super Sport, World Super Bike, World Super Cross, dan Indoprix,” ujar Takahashi.

Yang menarik perhatian pengunjung, pada ajang balapan YMKI juga menghadirkan pebalap MotoGP dari Tim Yamaha, Jorge Lorenzo. Runner up MotoGP 2009 ini tampil untuk memberi semangat peserta balapan, sekaligus memperkenalkan produk terbaru Yamaha Jupiter Z 115cc. Duo trial riding andal dari Jepang yaitu Narita bersaudara juga hadir memperlihatkan demo keahlian dan ketangkasan mereka.

“Yamaha selalu menempatkan kegiatan balap motor sebagai bagian penting dari kegiatan korporat Yamaha yang merefleksikan semangat dari tantangan,” jelas Yoshio Wakuta, GM of Commuter Vehicle Sales Division, Yamaha Motor Co Ltd.

Tujuan penting lain dari Yamaha Asean Cup Race ini, imbuh Wakuta, adalah untuk berbagi semangat kando dengan sesama pembalap, anggota tim dan penonton yang datang menyaksikan acara balap tersebut. Dalam budaya Jepang, kando bisa diartikan sebagai semangat pantang menyerah yang dikreasikan dengan sikap jujur, sportif dan semangat menghadapi tantangan untuk mencapai cita-cita tertinggi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s