Skuter Listrik ala Peugeot

Posted: Januari 17, 2010 in unik

PABRIKAN otomotif asal Prancis, Peugeot, memang lebih dikenal sebagai salah satu merek kondang kendaraan roda empat. Namun, sebenarnya Peugeot juga memproduksi roda dua. Produk yang telah mereka kembangkan adalah skuter listrik. Setelah sempat vakum beberapa tahun, kini pabrikan berlambang singa jingkrak itu berencana akan kembali memasuki segmen pasar skuter listrik pada 2011.

Melalui skuter terbarunya, E-Vivacity, Peugeot berharap mampu memenuhi kebutuhan pasar Eropa yang menginginkan kendaraan ramah lingkungan. E-Vivacity anyar ini sendiri merupakan skuter listrik kedua yang akan dijual secara massal.

Sebelumnya, E-Vivacity generasi pertama telah hadir pada 1996 dengan sumber tenaga baterai nickel-cadmium. Di era sekarang, sesuai dengan tuntutan zaman, E-Vivacity telah mengadopsi teknologi penampung listrik berbahan lithium-ion cobalt.

Kotak baterai skuter ini terletak di bawah kaki pengendara sehingga bagasi bervolume 35 liter di bawah jok masih mampu menampung barang bawaan. Proses pengisian baterai memakan waktu 4 jam, dengan 2 jam pertama sudah mampu mengisi 80% baterai.

Berbeda dengan konsep skuter listrik lainnya yang motor penggeraknya langsung terhubung dengan roda belakang, E-Vivacity masih memerlukan sabuk (belt drive) yang terhubung dengan roda belakang. Seperti mobil hybrid, tenaga listrik skuter ini pun dapat terisi kembali melalui proses pengereman. Kapasitas mesin skuter Peugeot ini pun setara dengan mesin bensin 50 cc. Jarak yang ditempuh juga mampu mencapai 80 km hingga 100 km dalam sekali isi baterai. Kecepatan maksimum yang dapat diraih hanya 45 km/jam. Dengan demikian, jelas peruntukan skuter ini adalah kaum urban komuter.

Dari tampilan luar, E-Vivacity nampak seperti skuter konvensional. Dengan rangka steel cradle, garpu kecil dan per pegas di belakang sebagai suspensi ditambah rem cakram ganda (200 mm depan dan 190 mm belakang) tersemat di ban berdiameter 12 inci. Dalam rilis yang tersebar, Peugeot tidak menyebutkan harga skuter listrik ini. Pasti akan bikin penasaran, akankah nama besar Peugeot di dunia roda empat akan mampu diwakili dengan produk skuter listriknya ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s