Honda sang Legenda jadi Lebih Klasik

Posted: Januari 27, 2010 in Honda

AKHIR-akhir ini, tren motor bergaya retro sering ditemui di jalan-jalan ibukota. Gaya ini biasanya diterapkan pada motor-motor modern bertransmisi otomatis (skutik), tapi bagaimana jadinya jika motor klasik diubah menjadi lebih tua dari tampilannya?
Hal itu nampak pada modifikasi karya Darizt Design asal Yogyakarta yang mampu mengubah Honda GL 100 lansiran 1985 menjadi motor klasik era perang dunia II. Sekilas bila diperhatikan motor berlogo sayap kepak ini ini menyerupai sepeda ontel nan simpel.
Menengok struktur rangka motor, rumah modifikasi Darizt Design (2D) mendesain secara khusus dengan menggunakan pipa besi ukuran 3/4 inchi. Agar tidak ada  ruang kosong di bawah jok, kamuflase saringan oli dibenamkan.
Tidak hanya itu, ide cerdas sang builder juga terlihat pada suspensi motor. Suspensi depan motor lawas, biasanya pegas tetapi pada motor ini pegas tersebunyi didalam rangka pipa sedangkan supensi belakang dirancang khusus dengan model monosok.
Untuk menyempurnakan tampilan, tangki custom mungil disematkan pada rangka tengah, dikombinasikan dengan jok yang biasa digunakan pada sepeda. Sementara di buritan dipercantik dengan knalpot custom. Aura klasik semakin kental dengan balutan pelek berdimensi 19 inchi.
Kerja keras rumah modifikasi Darizt Design didaulat sebagai juara umum dalam kontes modifikasi U mild U Bikers Festrack 2009 di Jakarta beberapa waktu yang lalu. “Modifikasi bisa dikategorikan ektrem, semua rangka dibuat ulang, hanya mesin asli GL 100 bawaan motor, pengerjan dilakukan menggunakan alat-alat dan perlengkapan sederhana,” ungkap salah satu dewan juri Lulut LT.

Data Spesifikasi
===================
Motor        : Honda GL 100 (1985)
Frame         : By Darizt Design
Swing arm          : By Darizt Design
Suspensi        : By Dariz  Design
Handlebar          : By Darizt Design
Xhaust pipa       : By Darizt Desiqn
Gas tank & Cap     : By Darizt Design
Jok             : Sepeda Ontel
Ban dpn/blkng     : Cheng Shin 19′
Pelek           : DID 19′
Owner           : Ari Guritno
Intaller        : Agus Sudariswanto
Workshop          : Darizt Design jalan Plemburan Gg. Mulia Sariharjo Ngalik Sleman, Yogyakarta.

Komentar
  1. bengkelsepedamotor mengatakan:

    Top banget modifikasinya, 2 jempol…
    salam,
    bengkelsepedamotor

  2. denys mengatakan:

    saya punya honda GL 100 thn 1991 pngen modif seperti yg di atas gmn ya? trus bisa gx di paketkan? lalu brapa total biaya yg hrs di kluarkan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s