Tren Modifikasi Bobber Rasuki Skutik Honda

Posted: Januari 27, 2010 in Honda

SKUTER bertransmisi otomatis (skutik), Honda Beat sejatinya dirancang PT. Astra Honda Motor (AHM) sebagai kendaraan praktis, gesit dan ekonomis. Pemakaian skutik ini pun diperuntukkan untuk kaum metropolis yang dinamis di tengah kepadatan kota, sehingga tak heran bila penampilan skutik ini cukup langsing dengan bodi sedikit lebih kecil dibandingkan pendahulunya.
Walaupun memiliki bodi mungil nan imut, Beat justru banyak menjadi pilihan pengendaranya untuk dijadikan sarana modifikasi. Kaum modifikator pun nampak tidak mengalami kesulitan merombak atau mempermanis tampilan skutik ini.
Seperti diungkapkan Joddy Ario punggawa rumah modifikasi JDM Project. Menurut Jody, bodi mungil Beat merupakan kelebihan dari skutik pabrikan Honda ini, hal itu dapat memberikan pengaruh cukup signifikan pada karakter yang akan dibentuk.
Sebagai contoh bagaimana Jody dengan mudah merubah tampilan Beat terlihat pada karyanya saat memodifikasi skuitk milik pemuda bernama Bram Tobing. Konsep yang ditawarkan Jody pada skutik ini adalah, motor Bobber.
Aliran ini sebelumnya sangat kental dengan motor jenis sport atau moge lawas dengan mempertahankan karakter standar motor, hanya mempermanis tampilan dengan keberadaan ban berukuran besar. Imbasnya, pelek orginal milik Beat diganti dengan aplikasi pelek kreasi JDM berdimensi 14 inchi dan 16 inchi di roda depan-belakang.
“Skutik ini sangat mudah untuk dirubah, melalui aplikasi ban gambot, visual ban dan efek karakter motor yang ingin diperlihatkan nampak jelas sekali,” jelas Jody.
Swing arm Beat juga mengalami perubahan karena harus diperpanjang hingga 29cm, peredam kejut single shock pun diubah menjadi double shock. Caranya dengan membuat dudukan baru dari plat di sebelah kanan mesin, serta drat baut dibodi atas.
Di lini depan, Jody cukup mendesain ulang sparboard melalui lekukan tajam, sementara pada sektor kemudi diperkuat stang Fatbar disokong dudukan custom ganda kreasi JDM. Finisihing skutik dilakukan dengan melebur permukaan bodi dengan warna kuning senada warna asli Beat. Tidak hanya itu, bodi pun dipercantik melalui penambahan aksesoris berupa indikator dan spion model outlow.
Modifikasi skutik  yang diakui pengamat otomotif sebagai Little Bobber ini, merupakan warna baru dunia modifikasi skutik. Jody mengaku modifikasi Beat little bobber dirampungkan selama tiga minggu. “Bodi sengaja tidak banyak dirubah supaya idenitas Beat tetap kelihatan, hal ini memang yang diingikan konsumen,” ungkap Jody.

Komentar
  1. Noel Talitakum mengatakan:

    Bang alamatnya dimana ? saya tertarik dengan stang depan hehehehehe…..

  2. Noel Talitakum mengatakan:

    alamat dimana bang…..

  3. muhamad abdul hadi mengatakan:

    modifikasi kaya gitu habis berapa duit bang??

  4. Endha Gusnia mengatakan:

    butuh biaya berapa bg ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s