Bajaj 135 LS, Motor Sport Ringan Versi India

Posted: Mei 11, 2010 in Bajaj

MENGENDARAI motor sport sehari-hari di perkotaan ternyata bisa menjadi aktivitas yang lebih baik dan bahkan menyenangkan. Stigma tentang motor sport yang berat dan hanya cocok digunakan dalam trek jarak jauh, kini perlahan mulai bergeser. Kehadiran Pulsar 135 Light Sport (LS) bisa menjadi jawabannya.

Sesuai dengan embel-embel dibelakangnya Light Sport, bobot kosong 122 kg dari Bajaj 135 ini terasa ringan diajak manuver di antara padatnya lalu lintas perkotaan. Bobot kosong juga memberikan rasio tenaga berbanding bobot 110,6 PS/ton membuat Pulsar 135 LS ini memiliki keseimbangan optimum
Kontrol pengendaraan yang luwes bisa terjadi karena penerapan model setang jepit yang dilengkapi dengan rangka yang kuat tapi ringan, dan suspensi gas NitroX di bagian belakang.

Pulsar 135cc ini menghasilkan performa yang setara dengan motor 150cc.  Hal itu karena tenaga besar yang dihasilkan dari sistem 2katup masuk dan 2 katup buang mampu membuat Pulsar LS terus bertahan di putaran atas hingga 10,500rpm. Kecepatan akselerasi mesin dapat berputar cepat menembus 60km/jam hanya dalam hitungan 5,1 detik dan mampu menembus kecepatan maksimum hingga 115km/jam.

Mesin 4 katup didesain untuk performa yang lebih baik dibanding mesin 2 katup. Dikombinasikan dengan teknologi DTS-i (Digital Twin Spark ignition) yang revolusioner mampu memaksimalkan pembakaran untuk menghantarkan tenaga yang lebih kuat dan hemat bahan bakar dengan emisi rendah.

Pada saat ini satu busi di ujung ruang pembakaran adalah hal yang biasa dilakukan. Bagian pengapian yang dihasilkan oleh busi memakan waktu untuk mencapai bagian terjauh dari ruang pembakaran. Ini berakibat pada pembakaran campuran udara-bahan bakar yang lambat dan menyebabkan keterbatasan dalam mengoptimalkan karakteristik ruang pembakaran.

Sementara dengan dua busi di masing-masing ujung ruang pembakaran membantu pembakaran menjadi lebih cepat dan lebih baik. Proses pembakaran dengan Twin Spark ini sedang dipatenkan oleh Bajaj Auto Ltd.
Dengan garis tegas dan postur yang agresif, jok terpisah yang sporti, stang jepit serta fitur-fitur lainnya. Untuk sektor keselamatan versi Pulsar 135 LS ini juga dilengkapi dengan rem cakram pada bagian depan dan rem tromol di bagian belakang.

Bajaj Pulsar 135 LS, pertama di Indonesia dari tipenya, didesain untuk menambah dimensi baru bermotor sebagai suatu  fenomena, dengan menciptakan segmen baru light sport. Sejatinya, sensasi berkendara motor seharusnya tidak hanya dirasakan dalam aktivitas tertentu seperti turing saja, tapi untuk aktivitas harian juga memiliki perasaan yang sama.

Menurut K. S. Grihapathy, Presiden Direktur PT. Bajaj Auto Indonesia, “Merek Pulsar telah sangat lekat dengan segmen motor sport di Indonesia dan visi kami adalah menjadikan Indonesia sebagai negeri para bikers dari negeri para komuter.”

Bajaj Pulsar 135 LS tersedia dengan harga Rp 14,7 juta (on-road di Jakarta). Tapi sayang warna pilihan hanya ada dua, merah atau hitam saja.  Dia menambahkan, unit-unit uji coba (test ride) Pulsar 135 LS tersedia di showroom-showroom Bajaj. Bajaj juga akan memberikan reward untuk para pelanggan yang melakukan test ride berupa nonton F1 gratis di Singapura pada September 2010.

Komentar
  1. Hengky Suhairi mengatakan:

    saya suka bajaj fulsar karena body keren & harga terjangkau,ini baru motor sport kebanggaan gue gitu loch,..””

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s