Xeon, Skutik yang Lebih Bertenaga

Posted: Mei 11, 2010 in Yamaha

MENGADOPSI unsur kimia Xenon, unsur gas yang dapat memancarkan cahaya sangat terang. Yamaha berharap sukter matik (skutik) anyar yang diberi nama Yamaha Xeon ini, mampu menerangi jalannya menuju kesuksesan di industri otomotif roda dua tanah air.

Setelah menguasai 58% pangsa skutik nasional, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) selaku pemegang merek Yamaha, tidak berpuas diri.

Gebrakan dan inovasi tetap disajikan Yamaha melalui produk-produknya. Tahun ini Yamaha membuktikan eksistensinya dengan memberikan warna baru di pasar motor otomatik tanah air. Yamaha menghadirkan Yamaha Xeon sebagai pelengkap dari keluarga skutik Yamaha sebelumnya yaitu Mio dan Mio Soul.

Pada Jumat (30/4), Yamaha Xeon hadir dengan model sporty dan tampilan yang stylish. Xeon dengan kapasitas mesin 125cc didukung mesin bertenaga dan responsif. Selain mengusung kapasitas mesin lebih besar hingga 125cc, adopsi mesin yang telah diterapkan pada Jupiter MX dan V-Ixion yakni, DiAsil Cylinder dan Forged Piston juga dibenamkan dalam dapur pacu Xeon.
Silinder DiaSil berupa material logam yang merupakan campuran aluminium dan silicon, sehingga material ini memiliki beberapa keungulan antara lain memiliki kemampuan pendinginan yang baik, ketahanan terhadap aus yang tinggi.

Sementara, Forged Piston adalah piston yang dibuat dengan sistem forging (tempa). Memiliki ketahanan yang tinggi dibanding piston konvensional. Teknologi DiAsil Cylinder dan Forged Piston adalah teknologi motor balap yang kini diaplikasikan pada skutik Yamaha.

Hasilnya seperti diklaim YMKI, Xeon lebih bertenaga dibandingkan skutik lainnya di kelas yang sama. Menurut M. Abidin, Manager Technical Department Service Division PT YMKI, dalam serangkaian ujicoba pada jarak 0-400 meter, Xeon mampu unggul 10 meter di depan skutik sekelas.

Tenaga besar serta kecepatan tinggi tidak membuat Xeon lebih boros bahan bakar dibandingkan Mio. Seperti diungkapkan Presdir PT YMKI Dyonisius Beti, “Walaupun tenaga naik 20% dibandingkan Mio, tapi efisiensi BBM sama dengan Mio karena proses pembakaran menggunakan DiAsil lebih baik.”

Tidak hanya itu, Xeon juga memiliki Throttle Position Sensor yang berfungsi mengatur waktu pengapian pada busi. Untuk pengaturan temperatur agar tetap stabil Xeon dilengkapi dengan radiator menggunakan liquid cooled.
Lalu dari segi tampilan, Xeon tampil lebih segar. Sebagai pilihan alternatif selain Mio, tentu unsur pembeda skutik ini juga ditampilkan. Dari depan, lampu utama Xeon menyatu dengan lampu sein, dipermanis dengan lampu senja di cover stang.

Beralih ke sektor buritan, lampu belakang Xeon dengan model segi 5 menyiku tegas mencerminkan nuansa sporty, dan tampilan yang stylish. Untuk knalpotnya, Xeon menyematkan pelindung panas, serta dibekali katalisator untuk mengurangi emisi gas buang berlebihan.

Dyonisius menambahkan, “Ini adalah produk baru yang benar baru dan telah mengadopsi teknologi balap. Ini sangat cocok bagi mereka yang gemar dengan kelincahan dan performa, khususnya kawula muda,” tambahnya.

Harga yang dibandrol untuk skutik baru Yamaha ini Rp 15.5 juta on the road Jakarta. Xeon tersedia dalam lima pilihan warna, yaitu exclusive white (putih), expressive black (hitam), exciting blue (biru), exotic green (hijau), dan extravagant red (merah). Dengan dikeluarkannya produk baru ini Yamaha optimis mampu bersaing di dunia industri otomotif, karena Xeon disajikan dengan segala keunggulan teknologi yang tinggi di kelas skutik.

Spesifikasi
P x L x T: 1.850 mm x 685 mm x 1.050 mm
Jarak sumbu roda: 1.260 mm
Jarak terendah ke tanah: 125 mm
Tinggi tempat duduk: 750 mm
Berat isi: 103 kg
Kapasitas tangki Bensin: 4.1 Liter
Tipe mesin: 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin cairan
Volume silinder: 124 cc
Diameter x Langkah: 52.4 x 57.9 mm
Perbandingan kompresi: 10.9 : 1
Daya maksimum: 8.05 kW / 8.500 rpm
Torsi maksimum: 10.1 N.m / 7.000 rpm
Ban depan: 70/90-14M/C 38P
Ban belakang: 90/80-14 M/C 44P
Rem depan: Cakram
Rem belakang: Tromol

Komentar
  1. Dedhy Kasamuddin mengatakan:

    Assalamu ‘alaikum mas.

    Salam kenal yah, saya abis mampir ke Blog mas, dan blog mas sangat bagus dan bermanfaat.

    Dan betapa senangnya saya, apabila mas mau mampir juga ke blog saya, sekalian saling menjalin silaturahmi sesama Blogger.

    Alamat Blog saya: http://bendeddy.wordpress.com

    Salam kenal,
    Dedhy Kasamuddin

  2. setiadi mengatakan:

    mengapa ada bentukan nyungil dari ujung segitiga hitam di lampu depan? Design yang sangat aneh…karena mio 125 di thailand bagian yang nyungil itu nyambung kebawah. Seperti design yang ga selesai…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s