Uji Xeon di Pulau Dewata

Posted: Juni 14, 2010 in Yamaha

PELUNCURAN skuter premium milik Yamaha telah dilakukan beberapa waktu lalu, kini saatnya sang bintang skuter matik (skutik) Yamaha Xeon siap untuk dijajal kemampuannya di tanah Dewata Bali. Berbeda dengan ajang Yamaha lainnya, kegiatan Media Fun Ride kali ini dirancang secara apik dan mewah oleh pabrikan lambang garputala tersebut.
Hal itu didasari karena embel-embel skutik premium yang melekat pada Yamaha Xeon ini. Saat tiba di bandara Ngurah Rai Bali, atmosfer penyambutan yang diberikan PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) selaku pemegang merek Yamaha sangat hangat, kalungan bungga khas Bali melingkar di leher peserta test ride.
“Kami memilih Bali sebagai pusat uji coba Xeon karena Bali merupakan starting point saat Yamaha meluncurkan Matik World. Dan Bali juga jadi tempat penjualan tertinggi Yamaha untuk segmen otomatik, tentu mereka pun telah menunggu matik baru Yamaha ini,” ujar Dyonisus Beti, Presiden Direktur PT YMKI di Nusa Dua, Sabtu (29/5).
Sesaat meningalkan bandara, kejutan berupa razia mendadak dari polsek Denpasar menyelubungi penyambutan 28 unit Xeon yang akan dijajal kalangan jurnalis. Setelah itu, para peserta test ride pun langsung diminta mengendarai Xeon. Torsimax langsung mendapat kesempatan ikut menjajal Xeon berwarna exotic green (hijau).
Kesan pertama mengendarai Xeon, motor ini terasa sangat ringan bobot seberat 103 kg tidak mengurangi kelincahannya. Kecepatan skutik bru Yamaha ini juga sangat luar biasa. Untuk mencapai akselerasi 0-80 km per jam, terasa sangat mudah dan cepat.
Hal itu dilandasi karena mesin 125cc milik Xeon telah dilengkapi adopsi mesin yang telah diterapkan pada Jupiter MX dan V-Ixion, yakni DiAsil cylinder dan Forged Piston yang dibenamkan dalam dapur pacu Xeon.

Sebagaimana telah dijelaskan dalam peluncuran Yamaha Xeon lalu, Forged Piston adalah piston yang dibuat dengan sistem tempa. Ia memiliki ketahanan yang tinggi dibanding piston konvensional. Silinder DiaSil berupa material logam yang merupakan campuran aluminium dan silikon.

Teknologi DiAsil cylinder dan Forged Piston adalah teknologi motor balap yang kini diaplikasikan pada skutik Yamaha.
Rute pertama peserta uji Xeon dimulai dari persimpangan jalan Ngurah Rai menuju hotel Nikko di Nusa Dua. Jalan berkarakter menanjak tidak menghalangi kecepatan Xeon untuk berkurang, semakin digas semakin cepat kecepatan maksimum 110 km/jam didapat.
Tampilan yang memikat dewngan pemasangan head lamp yang besar di tengah bodi depan dan lampu senja di atas stang motor, tentu juga warna-warna yang mencolok mengundang perhatian masyarakat sekitar. Saat berhenti dikemacetan jalan, beberapa orang kerap kali menanyakan harga dari Yamaha Xeon ini.
Setelah tiba di Nusa Dua, rombongan pun kembali melanjutkan perjalanan menuju kawasan Kuta. Wilayah yang terkenal dengan kemacetannya itu, dapat dilewati dengan bantuan mobil patwal dan bodi mungil Xeon. Namun, satu hal yang menganjal adalah fungsi spion yang tidak terlalu bekerja dengan baik. Untuk melihat kendaraan di belakang agak sulit karena spion tidak melebar keluar.
Yamaha Xeon hadir dengan model sporty dan tampilan yang stylish dipasang pada kelas premium matik sehingga harga yang dibanderol untuk skutik baru Yamaha ini pun lumayan tinggi yakni Rp15,5 juta on the road Jakarta. Performa tinggi, inovasi terkini, tampilan trendi, dibumbui harga maksi, bagaimana tertarik?

Komentar
  1. rangga mengatakan:

    nyaman. . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s