Otoped pun Bisa Jadi Inspirasi

Posted: Agustus 25, 2010 in Yamaha

OTOPED menurut definisi dari laman wikipedia adalah skuter dorong yang terbuat dari sebuah pelat dengan roda. Biasanya digerakkan dengan cara mendorong tanah dengan kaki. Pengguna berdiri dengan satu kaki di atas pelat dan kaki satu lagi digunakan untuk menggerakkan otoped. Lalu apa jadinya jika konsep otoped ini digunakan dalam bentuk modifikasi sepeda motor?

Inilah yang tampak dari karya modifikator asal Solo, Paris S.A. Berbeda dengan otoped yang harus digerakkan dengan tenaga fisik, otoped ini telah dilengkapi dengan mesin bensin. Hal itu karena, Paris telah berhasil mengubah total tampilan tua Yamaha V80 menjadi mungil seperti bentuk otoped.

Sang modifikator memakan waktiu selama 3 bulan untuk mengerjakan sepeda motor ini. Seakan tidak ingin repot, Paris tidak menggunakan rangka asli Yamaha V80, dia memilih membuat rangka sesuai dengan tema modifikasi yang dianutnya.
Dari sisi depan, suspensi mengaplikasikan tipe up side down, dan untuk suspensi belakang memakai komponen dari Kawasaki ninja. Sementara dalam faktor keamanan, sisi pengereman menggunakan cakram Nissin untuk rem depan. Lalu rem belakang menggunakan rem milik Suzuki Satria FU.

Dalam segi karet bundar alias ban, Paris menggunakan milik Vespa plus pelek depan dan belakang. Aksesoris lain yang digunakan untuk mempermanis tampilan, lampu depan milik Vespa diperkuat aksen tengkorak, lalu jok milik sepeda BMX juga semakin membuat modifikasi ini memiliki roh dari otoped.

Pemasangan mesin secara vertikal, sebenarnya membuat masalah tersendiri dari modifikasi ini. Karena pada versi aslinya, Yamaha V80 bermesin dua tak ini berada dalam posisi horisontal. Sang modifikator menjawab masalah ini dengan cara menambahkan oli 100 ml agar mesin masih terendam oli.

Dengan model yang sangat unik dan simpel, tapi dilengkapi dengan dasar kreasi yang inovatif, modifikasi ini patut mendapatkan acungan jempol. Mungkin saja, modifikasi ini bisa jadi suatu prototipe alat transportasi alternatif terkini, berukuran kecil dan tidak menghabiskan ruas jalan.

======================
Data Spesifikasi
===================
Konsep: Otoped
Tipe Motor: Yamaha V80
Lama Pengerjaan: 3 Bulan
Suspensi Depan: Up side Down
Suspensi Belakang: Kawasaki Ninja
Lampu Depan: Vespa
Rem Depan: Cakram Nissin
Rem Belakang: Cakram Satria FU
Pelek Depan dan Belakang: Velg Vespa
Rangka: Custom Hand Made
Ubahan Mesi: Piston F1Z
Aksesoris: Lampu Vespa, Jok BMX, Knalpot Custom, Swing arm custom

Komentar
  1. rory mengatakan:

    ngabisin berapa duit bro??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s