Bobot Susut Semakin Ngebut

Posted: Januari 31, 2011 in Suzuki


SAAT Suzuki GSX-R750 diperkenalkan pada 1985, peristiwa itu jadi kejutan besar di industri sepeda motor. Kini versi terbaru telah hadir dan diyakini akan kembali menguncang dunia otomotif dunia.

Sekilas menilik sejarah GSX-R750, pada awalnya GSX-R dirancang sebagai motor yang mengerti apa yang diinginkan pengendaranya. Konsentrasi penuh pada performa, tidak hanya sektor fashion saja.

Hal itulah yang membuat GSX-R berjaya di ajang balap motor, dan setiap pengembangan di arena balap diaplikasikan juga pada produksi massal motor sport ini.

Selama beberapa dekade hingga sekarang, GSX-R750 telah konsisten menghadirkan performa terbaik sebagai suatu sepeda motor di kelasnya. Kini dalam versi 2011, GSX-R750 telah dilengkapi teknologi mesin yang lebih mumpuni, tenaga besar, lebih responsif, rendah emisi dan 10% lebih irit bahan bakar dibandingkan versi sebelumnya.

Mesin terbaru GSX-R750 lebih kompak, sumbu roda pun 15mm lebih pendek, semuanya itu membuat motor sport ini memiliki berat 190 kg atau 8kg lebih ringan dari model sebelumnya. Dari sisi efisiensi, ahli mekanik dari Suzuki telah mengukur kekuatan dan torsi yang dihasilkan mesin baru GSX-R750. Pengurangan bobot motor jadi pilihan untuk menghasilkan tenaga yang lebih baik.

Besaran sumbu roda motor yang kini jadi 1390 mm, juga membuat performa GSX-R750 juga semakin lebih baik. Mengecilnya sumbu roda dilakukan dengan cara menaikkan 3 derajat sudut bagian belakang mesin. Ubahan itu juga membuat titik keseimbangan motor juga jadi lebih baik.

Sementara itu, dari sektor mesin, GSX-R750 mengusung teknologi mesin 750 cc, 4-silinder, 4-stroke, transmisi 6-speed dengan pendingin cair. Mesin pun memilii diameter piston (bore)yang besar dengan langkah piston (stroke) lebih pendek sehingga bahan bakar lebih efisien dan mampu mencapai putaran mesin (rpm) yang tinggi.

Tiap piston terintegrasi dengan blok mesin dan mengaplikasikan bahan logam nikel fosfor dan silikon yang telah terbukti tangguh digunakan pada ajang balap motor-motor Suzuki. Dengan bahan itu, gesekan dapat dikurangi dan meninggkatkan transfer panas lebih baik.

Dua katup intake GSX-R750 berdiameter 29.0 mm, serta dua katup exhaust berdiameter 23.0 mm, telah menggunakan bahan titanium alloy sehingga lebih ringan 0.6 gram.

Diantara kehebatan sisi dapur pacu, Suzuki GSX-R750 juga memiliki fitur Suzuki Drive Mode Selector (S-DMS). Fitur yang terletak di kiri stang ini dapat mengatur penggunaan dua pilihan mesin, sistem injeksi, katup throttle hingga sistem pengapian.

Untuk kecepatan mesin terdapat dua pilihan yakni, mode A untuk kekuatan dan akselerasi penuh. Sementara mode B adalah pilihan untuk pengendaraan motor yang biasa-biasa saja. Dua pilihan pengendaraan ini pun bisa diaplikasikan pada saat balapan.

Dari segi keamanan, Suzuki GSX-R750 terbaru ini menggunakan rem Brembo 4 piston berkaliper monoblok. Master silinder pada rem depan menggunakan piston berukuran 17.46 mm dan bisa disesuaikan sebanyak 6 posisi. Sisi rem depan pun mengalami reduksi berat sebesar 405 gram dari versi sebelumnya.

Lalu pijakan kaki (footpegs) telah terpasang dengan tiga pilihan posisi sesuai dengan keinginan pengendara. Fitur kelengakapan GSX-R750 mulai dari lampu depan hingga fairing bodi semuanya mengalami pengurangan bobot, secara total reduksi tersebut sebesar 35% atau 3.400 gram dari GSX-R750 yang lama.

Pengurangan bobot ini digadang-gadang akan meningkatkan performa pada produk motor sport-nya ini. Semua itu bermuara pada satu tujuan yakni, agar setiap model GSX-R jadi penguasa jalanan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s