Teknologi Spion di Helm

Posted: Januari 31, 2011 in bisnis

SEPEDA motor telah menjadi sebuah fenomena tersendiri di Indonesia, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Yogyakarta dan kota-kota besar lainnya.  Dengan membanjirnya berbagai produk sepeda motor di Indonesia, maka kebutuhan akan perangkat keselamatan yang menyertainya juga meningkat dengan tajam.

Salah satu perangkat keselamatan yang wajib dimiliki oleh setiap pengendara sepeda motor adalah helm. Kini alat keselamatan berkendara ini pun telah mengalami perubahan baik dalam segi bentuk maupun fitur-fitur yang ditawarkan.

Ada fitur air flow yang membuat helm tidak terasa panas saat dipakai. Lalu, double visior dimana helm terdiri dari dua lapisan kaca, kaca bening dan kaca hitam untuk menghindari silau cahaya terang matahari.

Kini salah satu fitur yang spektakuler dan fenomenal adalah Integrated Prism Mirror System alias kaca spion. Cermin di dalamnya yang berfungsi sebagai pemantau situasi jalan dibelakang bikers.

“Teknologi Integrated Prism Mirror System merupakan pertama yang diaplikasikan pada helm di Asia Tenggara. Jarak pandang kebelakang sama dengan spion pada mobil,” ujar Henry Tedjakusuma, Direktur PT Tarakusuma Indah (TI) pemegang merek helm INK, KYT, MDS, BMC dan HIU.

Aplikasi metode prisma yang memungkinkan pengguna helm ini dapat melihat situasi maupun pengendara sepeda motor lainnya yang terdapat di belakangnya. Pengguna helm ini cukup mengarahkan sedikit saja pandangan ke arah atas dari visor maka akan terlihatlah pandangan yang nyata dari situasi di belakang di pengendara tersebut.

Di Indonesia, baru helm INK dengan varian Spy Hacker yang memiliki teknologi anyar pada helm ini. Sementara di pasar global telah banyak nama-nama produsen helm telah menggunakan teknologi ini.

Contoh saja, produsen helm Reevu asal Inggris dengan produk terbarunya RV MSX1 yang boleh dikatakan sebagai terobosan yang menakjubkan. Bagaimana tidak, helm yang pernah hadir sebagai sebuah konsep, kini hadir dengan cermin didalamnya yang berfungsi sebagai pemantau situasi jalan dibelakang bikers. Cermin ini bekerja melalui sistem optik yang terintegrasi dan disebut sebagai MROS (Multiple Reflective Optic System).

Produsen Reevu telah menghabisakan sepuluh tahun untuk mengembangkan helm yang memiliki spion dengan jangkauan luas 180 derajat. Spion tersebut diletakan persis dibelakang visior helm bagian atas. Jadi secara langsung membuat bikers dapat memantau situasi jalan didepan dan belakang.

Saat ini helm tersebut sedang dirakit oleh spesialis produsen helm asal Italia yang dirancang untuk memastikan telah memenuhi semua standar keamanan internasional.

Dengan adanya kaca spion yang terdapat di dalam helm pengendara maka diharapkan kewaspadaan dan tingkat kehati-hatian dari pengendara dapat terjaga lebih baik lagi.

Tapi, bukan berarti dengan adanya kaca spion yang terdapat di dalam helm menjadikan kaca spion pada motor bukan suatu keharusan lagi, kaca spion pada motor tetap sebuah perlengkapan wajib untuk mendukung keamanan dan kenyamanan berkendara, dan kaca spion pada helm ini adalah sebagai pelengkap untuk menambah keamanan dan kenyamanan.

Komentar
  1. ageng mengatakan:

    Wah keren ya. Pengendara bermotor makin dimanjakan dengan fasilitas keamanan. Mungkin beberapa tahun lagi di helm juga ada plat nomernya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s