Doni Tata : Balapan Malam Tantangan, Butuh Fisik Dobel

Posted: Juli 18, 2012 in Yamaha

Doni Tata meramaikan seri keempat Yamaha Cup Race (YCR) di Jember, Sabtu (23 Juni). Pebalap yang lahir dari YCR itu antusias menanggapi kreatifitas Yamaha menggelar balapan malam.

Di Jember, Doni berbagi ilmu safety riding dengan siswa-siswi SMA 1 Jember dalam coaching clinic. Juga beratraksi mengitari dua lap dengan R6 sebelum night race dimulai.

Doni sendiri menyukai balapan malam. ”Balapan malam unik dan berbeda. Tantangan bagus bagi pebalap YCR saat ini bagaimana menaklukan sirkuit di malam hari dan menguji skill dalam kondisi berbeda. Mereka beruntung bisa merasakan balapan malam ini seperti di luar negeri,” sebut Doni.

Pebalap asli Yogya itu sendiri sudah sering ikut balap malam di kompetisi internasional. Pertama kali bahkan diikutinya di ajang dunia GP 250 cc tahun 2008 di Qatar. Prestasi gemilang teranyarnya adalah menjuarai Losail Asian Road Racing Series (LARRS) bersama tim Indoprom TJM KYT . Dua seri terakhir LARRS digelar malam hari.

“Saat balapan dibutuhkan konsentrasi lebih ekstra, fisik dan stamina memengaruhi karena di malam biasa tidur tapi ini malam balapan. Disesuaikan jadi di siang harus istirahat sehingga di malam kondisi prima. Cukup berat karena malam hari fisiknya hitungannya dobel,” begitu tips Doni yang rajin latihan menggenjot sepeda 3 sampai 4 jam untuk mendapatkan endurance (ketahanan) prima. Tambahnya lagi, kaca helm gunakan yang clear atau medium dan anti kabut agar tidak mengganggu penglihatan dan bisa konsentrasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s